Era New Normal dan Gagasan Konsep Event Virtual

Era New Normal dan Gagasan Konsep Event Virtual. Seperti yang diketahui bersama bahwa pandemi covid-19 menghadirkan pengaruh yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan. Hal ini tidak hanya dirasakan di satu atau dua negara saja, melainkan di seluruh dunia. Indonesia tidak luput dari wabah mematikan tersebut. Sehingga, banyak hal yang harus dirombak agar aktivitas yang dilakukan masyarakat tidak mengalami hambatan yang berlarut-larut.

Bangkitnya indonesia dari keterpurukan akibat covid-19 ini sering disebut dengan era new normal, di mana pada era ini terbentuklah suatu tatanan hidup baru dan berkelanjutan. Bisa dibilang, era new normal merupakan suatu pola hidup baru atau norma baru yang dijalankan karena masih adanya kekhawatiran merebaknya virus corona. Sehingga, adanya norma baru ini diciptakan untuk dipatuhi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Konsep Event Virtual

Era new normal memangkas segala hambatan yang sebelumnya terjadi di berbagai aspek, seperti pendidikan, sosial budaya, ritual keagamaan, bisnis, dan hiburan. Era new normal membuat masyarakat menjadi lebih akrab dengan teknologi karena segala aktivitas perkumpulan dialihkan menjadi daring atau virtual. Bahkan, dunia hiburan yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka pun kini dialihkan menjadi event virtual.

Awalnya, sosialisasi mengenai penyelenggaraan pertemuan secara daring belum menyentuh seluruh ranah kehidupan masyarakat. Bahkan, saat merebaknya covid-19 pada bulan maret 2020 lalu, indonesia sempat mengalami kemacetan aktivitas, sehingga roda perekonomian tidak mampu berputar. Ada banyak pekerjaan yang terpaksa harus berhenti beroperasi, misalnya seperti acara pameran, pertunjukan seni, acara kebudayaan, konser dan masih banyak lagi.

Namun, saat ini masyarakat dapat menghela napas lega karena telah hadir konsep event virtual, di mana konsep ini dapat menjadi suatu terobosan aktual untuk tetap melaksanakan acara tanpa harus menciptakan kerumunan. Sebagaimana yang diketahui bahwa pemerintah melarang keras adanya kerumunan. Sebab, suatu perkumpulan dapat menciptakan klaster-klaster baru penyebaran covid-19.

READ  Perencanaan Wedding Online Agar Lancar dan Sesuai Keinginan

Apalagi, dunia hiburan yang identik dengan acara perkumpulan juga sangat rentan menyebabkan terjadinya penularan covid-19. Bahkan, beberapa acara perkumpulan di sejumlah daerah telah terbukti mempercepat penyebaran covid-19. Oleh dari itu, dengan munclnya permasalahn tersebut, media hiburan dialihkan menjadi virtual seperti halnya di masa kini.

Hadirnya konsep event virtual menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para penyelenggara acara. Para pemangku kepentingan dipaksa untuk beradaptasi lebih cepat dalam memanfaatkan media meeting online. Selain itu, tantang tersebut juga muncul dari kalangan masyarakat umum. Tentunya, tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat yang awalnya selalu melakukan kegiatan offline kini harus berubah menjadi online. Namun, hal ini tetap perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan penyelenggaraan acara.

Event Virtual Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Meskipun dilakukan secara virtual, pada dasarnya, penyelenggaraan acara tetap menerapkan aturan protokol kesehatan. Hal ini berlaku bagi beberapa acara yang dikelola oleh perkumpulan orang, misalnya seperti acara wisuda, acara pernikahan, acara konser dan lain sebagainya. Tentunya, acara-acara tersebut tidak seperti webinar yang dapat dilakukan hanya dengan duduk dan menghadap laptop di rumah masing-masing.

Bagaimanapun juga, event virtual formal seperti pernikahan dan wisuda tetap melibatkan banyak orang dalam pengelolaannya. Hanya saja, jumlah orang yang berkumpul bisa lebih diminimalisir karena tidak dihadirkannya audiens atau tamu undangan.

Setiap orang yang hadir dalam penyelenggaraan acara tetap harus menggunakan atribut kesehatan lengkap, seperti pakaian lengan panjang serta masker yang sesuai standar. Selain itu, setiap tempat penyelenggaraan acara juga wajib menyediakan sabun untuk cuci tangan ataupun hand sanitizer. Upaya ini dilakukan untuk menjaga kesehatan setiap individu yang terlibat dalam acara tersebut.

READ  Cara Bermain Permainan Quest Town Saga

Perlunya Sosialisasi Penyelenggaraan Acara Melalui Event Virtual

Perlu diketahui bahwa banyak kalangan masyarakat yang masih awam atau belum mengerti mengenai penyelenggaraan acara melalui event virtual. Contohnya seperti masyarakat di pedesaan yang ingin melangsungkan pernikahan. Beberapa kalangan lebih memilih menunda pernikahan alih-alih mencari jalan keluar agar acara tidak perlu diundur atau ditunda. Sebab, tidak ada yang tahu pasti kapan situasi pandemi ini dapat berakhir. Sehingga, masyarakatt benar-benar harus beradaptasi dengan segala perubahan yang serba cepat ini.

Sosialisasi mengenai pengadaan acara virtual perlu dilakukan secara masif agar berbagai acara tetap dapat berlangsung dan kebutuhan akan industri hiburan tetap dapat terpenuhi. Hal ini juga dapat menjadi jalan keluar bagi orang-orang yang bekerja di industri hiburan agar tetap memperoleh penghasilan di tengah situasi pandemi.

Memilih Elemen Pendukung Event Virtual yang Tepat

Jangan lupa bahwa event virtual tetap bisa terlaksana dengan lancar jika ada pengelola yang andal. Dalam hal ini, anda perlu memilih jasa live streaming terbaik yang bisa menampilkan video acara anda secara eksklusif dan menarik.

Jika belum terlalu menguasai teknologi meeting virtual, anda tidak perlu khawatir karena telah hadir jasa penyedia live streaming terkemuka di indonesia, yakni prisma multimedia. Prisma multimedia adalah sebuah jasa penyedia layanan live streaming yang dapat mengelola jalannya event atau acara yang anda selenggarakan.

Jasa ini telah memiliki pengalaman panjang dalam melakukan siaran langsung di berbagai event virtual penting. Misalnya seperti acara kebudayaan, pernikahan, perlombaan, dan masih banyak lagi. Tentunya, anda tidak perlu ragu jika ingin menyewa jasa ini karena ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, diantaranya  sebagai berikut:

READ  Tips dan Trik Permainan Radeo Stampede

Berkesempatan untuk Menghemat Budget

Tahukah Anda bahwa jika memilih untuk menyelenggarakan event virtual, maka akan ada banyak budget yang dipangkas? Hal ini memang benar karena dalam penyelenggaraan acara virtual, Anda akan mengurangi berbagai pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Anggaran yang bisa dipotong seperti meja dan kursi untuk para tamu, dekorasi yang besar, gedung yang besar, catering yang banyak dan lain-lain. Sehingga, budget pun dapat lebih dihemat.

Acara Berlangsung Sangat Simpel, Namun Tetap Sakral

Siapa bilang jika event virtual mengurangi kesakralan dari acara konvensional? Tentunya, acara yang diselenggarakan dengan konsep virtual tetap mampu berjalan dengan baik sesuai rencana anda. Jangan khawatir bila terjadi masalah sewaktu-waktu. Sebab, Prisma Multimedia selalu mampu mengatasi berbagai masalah yang mungkin saja datang menghampiri di saat-saat penting.

Akan tetapi, tenang saja karena sejauh ini prisma multimedia selalu dapat menyuguhkan tontonan acara yang lancar dan dapat dinikmati oleh semua audiens melalu kanal meeting online. Hal ini tidak dipungkiri karena Prisma Multimedia memiliki para staff yang ahli di bidang ini, sehingga dapat menyuguhkan acara terbaik sesuai kehendak anda.

Itu dia penjelasan singkat terkait era new normal dan gagasan mengenai konsep event virtual. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberi wawasan anda terkait penyelenggaraan acara berbasis online.

Jika Anda berminat menggunakan jasa dari Prisma Multimedia, silakan kunjungi situs resminya dan dapatkan informasi mengenai event virtual secara lebih lengkap. Beberapa informasi tersebut diantaranya seperti perkenalan jasa Prisma Multimedia, apa saja yang ditawarkan, kontak yang bisa dihubungi, serta portofolio hasil video yang telah dibuat. Semoga membantu.